LESSON PLAN
Nama Guru : Lujeng Paramastuti, S.Si
Sekolah : SDIT Bunayya Pekabaru
Bidang Studi : Matematika
Kelas/ Semester : 1/ I
Standar Kompetensi : Melakukan penjumlahan dan pengurangan sampai bilangan 20
Kompetensi Dasar : 1.1 Membilang banyak benda
Indikator : 1.1.1 Menyebutkan bilangan secara berurutan
1.1.2 Menyebutkan banyak benda
1.1.3 Membaca dan menulis lambang bilangan
Alokasi waktu : 3 x pertemuan (7 x 30 Menit)
Sumber Belajar :
1. Buku Paket Matematika Yudistira kelas 1
2. Gambar – Gambar
Dalil Al-Qur’an dan Hadist :
Pertemuan Pertama
Alpha Zone ( Kegiatan Awal):
· Guru meminta siswa untuk mengeluarkan buku tulis dari dalam tas, kemudian anak-anak diminta menghitung berapa : “buku tulis yang antum bawa hari ini?”
· Guru meminta siswa menghitung dan menyebutkan sholat wajib dalam sehari
Apa Manfaatnya Bagiku
Dengan mengetahui membilang banyak benda siswa mampu menghitung banyak benda
Prosedur Aktifitas (Kegiatan Inti)
1. Guru mengajak siswa berhitung mulai 1,2,3...,10, dilakukan secara bergantian sampai 3 kali sampai setiap siswa dapat giliran.
2. Guru menggambar benda – benda di papan tulis ke dalam beberapa kelompok.
3. Guru meminta siswa secara bersama – sama menghitung banyak benda pada masing-masing kelompok yang ada di papan tulis. Guru memberi komentar singkat sebagai bentuk motivasi bagi siswa.
4. Guru memberikan beberapa contoh lain dan meminta beberapa orang siswa untuk maju kedepan kelas untuk menghitung banyak benda dan meminta teman – teman yang lain memberi komentar benar atau salah.
Aktifitas Evaluasi
Guru memberikan tugas dengan mengerjakan soal pada buku paket sebagai acuan ketuntasan materi yang diberikan
Pertemuan Kedua
Alpha Zone ( Kegiatan Awal):
· Guru mengingatkan tentang materi sebelumnya, Guru kembali meminta siswa berhitung mulai 1, 2, 3,..10 secara bergantian, diulangi sampai semua siswa mendapat giliran.
· Guru menggambar tujuh bintang di papan tulis dan meminta siswa secara bersama – sama menghitung banyak bintang tersebut.
Apa manfaatnya bagiku
Dengan mengetahui membilang banyak benda siswa mampu menghitung banyak benda.
Prosedur Aktifitas (Kegiatan Inti)
1. Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok dengan jumlah anggota yang berbeda-beda, kemudian guru meminta setiap siswa berhitung dan menyebutkan berapa banyak anggota kelompoknya.
2. Guru memberikan contoh gambar – gambar dengan jumlah yang berbeda di papan tulis dan meminta siswa menghitung gambar tersebut.
3. Guru mengulangi hitungan mereka, dan memberikan komentar singkat sebagai bentuk motivasi bagi siswa.
Aktifitas Evaluasi
Guru meminta siswa menggambar benda yang mereka sukai di masing – masing buku tulis mereka sebanyak lima buah, misalnya siswa ikhwan menggambar lima buah mobil-mobilan dan yang siswa akhwat menggambar lima buah bunga, untuk mengukur ketuntasan materi yang diberikan
Pertemuan Ketiga
Alpha Zone ( Kegiatan Awal):
· Guru mengingatkan tentang materi sebelumnya, tentang menghitung banyak benda yaitu dengan cara menghitung jumlah jari.
· Guru menggambar tujuh buah ikan, siswa menghitung, dan guru menulis lambang bilangan 7.
Apa manfaatnya bagiku
Dengan mengetahui cara membaca dan menulis lambang bilangan siswa dapat menghitung dan menuliskan lambang bilangan dari banyak benda yang ada disekitar mereka
Prosedur Aktifitas (Kegiatan Inti)
1. Guru menggambarkan empat buah pensil di papan tulis, kemudian siswa diminta menghitung banyak pensil dan guru menuliskan lambang bilangannya.
2. Guru menuliskan lambang bilangan dari 1-10 di papan tulis, dan siswa diminta membaca lambang bilangan tersebut secara bersama-sama.
3. Guru meminta beberapa orang siswa untuk maju kedepan papan tulis untuk menulis lambang bilangan sesuai dengan yang dikatakan oleh guru.Guru memberi komentar singkat sebagai bentuk motivasi.
Aktifitas Evaluasi
Guru meminta siswa menulis angka 1 – 10 pada buku tulis mereka untuk mengukur ketuntasan materi yang diberikan.
Mengetahui, Pekanbaru, 2011
Indra hanafi, S.Pd Lujeng Paramastuti, S.Si
Kepala Sekolah Guru Bidang Studi
LESSON PLAN
Nama Guru : Lujeng Paramastuti, S.Si
Sekolah : SDIT Bunayya Pekabaru
Bidang Studi : Matematika
Kelas/ Semester : 1/ I
Standar Kompetensi : Melakukan penjumlahan dan pengurangan sampai bilangan 20
Kompetensi Dasar : 1.2. Mengurutkan banyak benda
Indikator : 1.2.1 Membandingkan dua kelompok benda dengan kalimat lebih banyak
dan lebih sedikit
1.2.2 Mengurutkan banyak benda
1.2.3 Mengurutkan bilangan dengan pola dari yang terkecil dan terbesar
Alokasi waktu : 2 x pertemuan (5 x 30 Menit)
Sumber Belajar :
1. Buku Paket Matematika Yudistira kelas 1
2. Gambar – Gambar
Dalil Al-Qur’an dan Hadist :
Pertemuan Pertama
Alpha Zone ( Kegiatan Awal):
· Guru mengingatkan tentang materi sebelumnya, Guru kembali meminta siswa berhitung mulai 1, 2, 3,..10 secara bergantian, diulangi sampai semua siswa mendapat giliran.
· Guru meminta siswa menghitung spidol warna yang ada di tangan kiri dan di tangan kanan guru, kemudian meminta siswa menyebutkan spidol ditangan mana yang lebih banyak.
Apa Manfaatnya Bagiku
Dengan mengetahui mengurutkan bilangan dari yang terkecil maupun dari yang terbesar siswa mampu membandingkan sesuatu dengan kalimat lebih banyak dan lebih sedikit
Prosedur Aktifitas (Kegiatan Inti)
1. Guru menggambarkan dua kelompok benda dengan jumlah berbeda dan meminta siswa untuk sama-sama menghitung banyak benda yang digambarkan pada setiap kelompok.
2. Guru meminta siswa menyebutkan kelompok benda manakah yang lebih banyak dan kelompok yang sedikit. Guru memberi komentar singkat sebagai bentuk motivasi bagi siswa.
3. Guru meminta siswa membandingkan dua kelompok yang berbeda dengan menggunakan kata lebih banyak dan lebih sedikir pada buku paket.
Aktifitas Evaluasi
Guru memeriksa pekerjaan siswa sebagai acuan ketuntasan materi, dan menyimpulkan materi dengan mengulangi contoh yang menggunakan kalimat lebih banyak dan lebih sedikit.
Pertemuan Kedua
Alpha Zone ( Kegiatan Awal):
· Guru menggambarkan beberapa kelompok benda dengan jumlah yang berbeda dan disusun secara acak,
· Guru meminta siswa untuk menyebutkan lambang bilangan pada masing – masing kelompok.
Apa Manfaatnya Bagiku
Siswa mampu mengurutkan bilangan dari yang terkecil maupun dari yang terbesar.
Prosedur Aktifitas (Kegiatan Inti)
1. Guru bertanya kepada siswa apakah lambang bilanganan yang ada di papan tulis antum sudah sesuai dengan urutan. Apakah benar setelah anggka 1 adalah angka 3.
2. Siswa memberikan respon, guru membimbing siswa untuk menurutkan lambang bilangan.
3. Guru memberi contoh dengan meminta beberapa orang siswa maju kedepan kelas membentuk kelompok dengan jumlah yang berbeda.
4. Guru meminta siswa mengurutkan kelompok yang ada di depan kelas dari kelompok yang paling sedikit anggotanya sampai yang terbanyak.
5. Guru membimbing siswa untuk menuliskan lambang bilangan masing-masing kelompok, kemudian mengurutkan kelompok tersebut dari yang paling sedikit anggotanya.
Aktifitas Evaluasi
Guru meminta siswa mengerjakan soal – soal pada buku paket untuk mengukur ketuntasan materi yang diberikan
Mengetahui, Pekanbaru, 2011
Indra hanafi, S.Pd Lujeng Paramastuti, S.Si
Kepala Sekolah
terima kasih sudah berbagi..
BalasHapusAllah yubaarik fiykum